Enditop: Budaya Power Rangers

Sabtu, 14 Mei 2011

Budaya Power Rangers

Saya ingat banget dulu waktu kecil mama selalu ajarkan untuk tidak minta-minta ke orang lain, apapun itu, apalagi uang, bahkan untuk minta uang ‘lebaran’ ke om sendiri itu dulu rasanya segan.
Budaya-budaya sopan santun yang mama ajarkan dulu, walaupun mungkin masih dalam skala kecil, kadang masih bisa saya jalankan, kadang berlebihan dan kadang hilang sama sekali.
Dulu kalo makan harus di meja makan, semakin kesini, makan itu makan deket sama tipi hehehe
Dulu gak boleh pake gelas, sendok atau apapun yang bekas mulut orang lain, mau keluarga atau temen, waktu masuk pramuka pas SD hilanglah kebiasaan itu.
Dulu harus kerja tugas sekolah dulu baru boleh main keluar atau tidur, sekarang? Eh.. Tugas itu apa yah? 
Dan yang paling penting, itu cium tangan sama orang yang lebih tua, saya sih masih terbiasa, tapi kayaknya sekarang orang lebih suka cium pipi, daripada cium tangan. Dan kebiasaan ini sampai juga di keluarga saya, kalau cuma di keluarga inti sih biasa, dari dulu juga gitu, tapi sampe di tante atau om atau sepupu yang dulu biasanya cuma cium tangan, sekarang setelah itu harus cium pipi juga. Dan ternyata ini berlaku juga bagi orang-orang yang kita kenal, sebagian dari mereka suka ada yang langsung pengen cium pipi aja, dan jujur saya kadang terganggu.
Kadang kalo untuk orang-orang baru yang saya kenal, saya lebih suka salaman (kalo seumuran atau dia lebih muda dari saya) dan cium tangan (kalo lebih tua), kesannya lebih sopan, dan gak sok akrab (yah karena emang belum akrab, kan?). Males aja gitu rasanya kalo belum akrab udah mau cium pipi, apalagi kalo ‘si pencium pipi’nya itu lagi jerawatan atau mukanya minyakan *iyuwh
Nah, sekarang kalo makan di meja makan, rasanya terlalu ‘kaku’, kalo gak mau pake bekas orang bakal dikatain ‘sok bersih’, kadang kalo baru mau cium tangan, ehhh.. si yang punya tangan langsung main cium pipi aja. Jadi suka bingung sendiri, ini apa orangtua saya yang kemarin ngajarinnya kurang ‘memandang masa depan’ *alah, kok yang mereka ajarin semuanya jadi aneh kalo dilakuin pada masa ini. Atau saya yang salah bergaul, atau memang budaya itu kayak power rangers? Cepat sekali berubah.
Nah ternyata nih, sebenarnya selalu akan ada budaya baru, kalo budaya satu hilang, pasti sadar atau tidak kita ternyata udah ada di budaya penggantinya lagi, kayaknya akan begitu seterusnya. Yang jadi masalah yah kalo ternyata kita bahkan gak tau sama sekali kita lagi ada di budaya mana, yah kayak saya sekarang.

2 komentar:

  1. terus hubungannya sama power rangers apa endhy?

    BalasHapus
  2. Saya nda tau bagaimana ngejelasinnya, Me. Karena memang tidak berhubungan langsung dgn power rangers.langsung dgn power rangers.

    BalasHapus

Tentang Rekrutmen Telkom Indonesia - 2015

Udah lama..lama…lamaaaa banget ya gak nulis di sini, jadi maafkan jika tulisan ini agak kaku. Setelah entah kapan terakhir menulis di blog ...